Agar Wayang Orang Terus Hidup di Indonesia

Oktober 8, 2010

Wayang Orang (berani.co.id)

Sejumlah seniman wayang orang yang tergabung dalam Produksi Wayang Orang Bharata mendatangi Wakil Presiden Boediono di Istana Wakil Presiden, 8 Oktober 2010.

Kedatangan mereka untuk mengundang Boediono menghadiri pagelaran Wayang Orang menyambut hari pahlawan di Gedung Kesenian Jakarta, 8 – 9 November mendatang. Pagelaran akan menghadirkan cerita “Salya Wiratama”.

Dalam kesempatan itu, para seniman wayang orang ini sempat mengeluhkan tentang kurangnya apresiasi masyarakat terhadap seni tradisional, terutama wayang orang.

“Memang harus diakui kesenian tradisional kurang diminati. Walau kami dengan keterbatasan pendidikan dan ekonomi, tapi tetap berkarya agar kesenian Indonesia asli masih ada,” kata Teguh Kenthus Ampiranto, seniman wayang orang, usai menemui Wapres Boediono hari ini.

Sedangkan pimpinan pimpinan Bharata, Soeparmo, juga bercerita kurangnya minat terhadap wayang orang menyebabkan sepuluh kelompok wayang orang mati. “Wayang orang memang sudah senin-kamis,” kata Soeparmo. Salah satu alasannya adalah kurangnya kesejahteraan bagi pelaku seni wayang orang.

Karena itu Soeparmo berharap kedatangan Boediono dalam pagelaran Wayang Orang Bharata dapat menumbuhkan minat terhadap kesenian wayang orang. “Jadi injeksi psikologi walau honor (pemainnya) masih rendah. Kalau (Boediono) datang sangat berharga bagi kelangsungan hidupnya,” ucap Soeparmo.

Apabila seni wayang orang terus menurun, Soeparmo khawatir wayang orang akan hilang dari budaya Indonesia. Padahal saat ini, wayang telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui dunia (A Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

“Jangan sampai malah kita yang belajar wayang dari luar negeri. Kalau orang luar negeri datang ke Indonesia mau lihat wayang orang tapi ngga ada, kan lucu,” ujar Soeparmo.

Lalu, apakah Boediono akan datang menghadiri pagelaran Wayang Orang Bharata? “Dari senyumnya saya yakin Wapres akan hadir dan beri sambutan. Betul-betul akan luar biasa,” jawab Soeparmo. (bayu galih)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: